Prihal: Mengilhami Dua Dekade Arsitektur Andra Matin

Design02 December 2019

By Listya Manopo

Prihal: Mengilhami Dua Dekade Arsitektur Andra Matin

Memperingati dua dekade karyanya di studio desain ‘andramatin’, Isandra Matin Ahmad atau Andra Matin memperkenalkan pameran karya-karya terbaiknya.


Di Galeri Nasional Indonesia, Prihal diselenggarakan dan dirancang oleh andramatin yang melibatkan beberapa kolaborator dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan karya-karya terpilih yang telah dilakukan studio pada tahun-tahun sebelumnya. Melalui pameran ini, diharapkan pengunjung akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana arsitektur andramatin bekerja.



Seperti yang diusulkan oleh tim kurator, Artiandi Akbar dan Danny Wicaksono, gagasan besar Prihal berasal dari dua gagasan utama. Yang pertama adalah peran andramatin melalui desainnya pada berbagai dimensi langsung di Indonesia. Dalam hal ini, peran yang dilakukan arsitek dapat dipahami sebagai peran aktif yang dapat menjalin harapan ke dalam berbagai kehidupan di masyarakat. Yang kedua adalah bagaimana disiplin arsitektur dibuat, dikelola dan dibangun dalam situasi sehari-hari di andramatin.



Melalui 49 karya arsitektur yang dipamerkan di ruang utama, pameran ini mengkurasi dan membingkai setidaknya 800 karya arsitek andramatin ke dalam 8 area di Galeri Nasional. Di 8 area itu, separuh adalah karya andramatin, sedangkan babak kedua adalah tentang banyak hal terjadi setiap hari di studio andramatin. Kedelapan 'Prihal' ini dirancang khusus sebagai satu ruang berkesinambungan, melewati kamar-kamar yang ada di Galeri Nasional.



Aliran pameran dimulai dengan Pembukaan, yang merupakan aula berisi 826 karya andramatin dari tahun 1998 hingga 2019. Beralih ke bagian pertama dari gedung (Gedung A), ada empat bagian yang termasuk Prihal Jakarta (11 proyek) bangunan umum yang dirancang oleh andramatin di Jakarta), Prihal Kota-Kota Lain (16 proyek andramatin di kota-kota lain selain Jakarta), Prihal Bentuk (lebih dari 30 karya andramatin yang belum dibangun dan berfokus pada pencarian bentuk arsitektur) dan Bahan Prihal (yang menunjukkan eksplorasi bahan andramatin).
Bagian selanjutnya di Gedung B adalah rumah Prihal Yang Berulang (serangkaian wawancara video dengan tujuh klien andramatin), Prihal Sehari Hari (kehidupan sehari-hari studio andramatin ditampilkan melalui foto, video dan mock-up ruang kerja), dan bagian Penutupan yang merupakan area interaktif.



FOTO Febi Ramdhan