Meghan Markle dan Pangeran Harry Resmi Tanggalkan Gelar Kehormatan

Event20 January 2020

By Larasati Oetomo

Meghan Markle dan Pangeran Harry Resmi Tanggalkan Gelar Kehormatan

Setelah mengumumkan permohonan untuk mundur sebagai anggota senior kerajaan via akun Instagram @sussexroyals pada Rabu (08/01), Ratu Elizabeth II akhirnya mengabulkan permintaan Meghan Markle dan Pangeran Harry pada akhir pekan lalu.


Pekan lalu, Ratu dan para anggota senior keluarga kerajaan akhirnya bertemu dan berdiskusi tentang keputusan yang baru pertama kali terjadi sepanjang berjalannya sistem monarki Britania Raya.

Atas permintaan pribadi keduanya dan pengabulan permohonan dari Sang Baginda Ratu, Pangeran Harry dan Meghan Markle kini tak akan lagi disebut dengan embel-embel “Royal Highness” atau “Yang Mulia”. Hal ini hanya satu dari berbagai konsekuensi yang dipilih pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 ketika memutuskan untuk mundur sebagai anggota senior kerajaan.

Sebagaimana diinginkan oleh Meghan, mereka tidak akan lagi menerima sokongan dana dari pihak kerajaan. Pasangan ini juga berniat untuk membayar £2,4 juta uang pajak yang digunakan untuk merenovasi rumah keluarga mereka di Inggris. Meskipun demikian, Harry tetap berhak atas tunjangan keluarga Pangeran Charles dan sejumlah kekayaan lainnya termasuk warisan Putri Diana.



Tak hanya itu, Harry juga wajib melepaskan jabatan militer miliknya serta tidak lagi dapat hadir dalam pertemuan-pertemuan resmi sebagai representasi dari Ratu Elizabeth II. Ia dan sang istri akan memiliki peran dan tugas baru yang berbeda dengan kehidupan mereka sebelumnya.

Keputusan ini tetap tidak mengubah beberapa hal, yakni status mereka sebagai anggota keluarga kerajaan, gelar Duke and Duchess of Sussex yang disandang oleh mereka, serta jajaran patronase dan asosiasi pribadi mereka. Mereka juga akan tetap menjunjung nilai-nilai Yang Mulia.

Sebagaimana dilansir oleh Reuters, Yang Mulia Ratu menunjukkan dukungannya bagi Harry dan Meghan untuk membangun kehidupan independen. “Harry, Meghan, dan Archie akan selalu dicintai sebagai anggota keluarga saya,” ujarnya dalam pernyataan resmi Istana Buckingham. “Saya menganggap pengalaman dari hasil ketegangan yang intensif selama dua tahun terakhir sebagai tantangan. Saya juga mendukung keinginan mereka untuk membangun kehidupan yang independen.”



Ratu Elizabeth bahkan memuji Meghan, “saya sangat bangga kepada Meghan yang begitu cepat menjadi bagian dari keluarga kami.”

Meskipun konflik pro-kontra dari publik maupun internal istana tidak terelakkan, sepertinya masih terlalu awal untuk memprediksi bagaimana keputusan ini akan berlangsung ke depannya. Merespons hal ini, koresponden kerajaan dari BBC, Jonny Dymond menyatakan bahwa seluruh penyesuaian ini akan dievaluasi setelah setahun.