Solusi Nasi Tanpa Kalori

ANGELICA REVADIAS on WELLNESS, 08/11/19

img

Sebagai orang Indonesia, terkadang tidak terbayang jika makan tanpa kehadiran seporsi nasi putih tersaji di piring. Terlebih ketika Anda sedang menjalani program diet yang mengharuskan diri menjauhi bahan-bahan makanan yang tinggi kalori, gula dan lemak.


Seperti yang diketahui, nasi putih sudah menjadi salah satu makanan pokok yang melekat pada budaya orang Indonesia dan sebagian besar orang Asia. Namun, kandungan gula yang terdapat dalam nasi putih bisa menimbulkan beberapa penyakit, salah satunya diabetes.

Meskipun ada beberapa yang menyiasati dengan memilih nasi merah sebagai pilihan yang lebih sehat, namun terkadang nasi merah memiliki tekstur yang kasar dan rasa yang berbeda dari nasi putih. Lalu, apakah ada opsi lain selain keduanya?

Shirataki Rice bisa menjadi salah satu pilihan yang lebih sehat sebagai substitusi nasi putih. Berasal dari Jepang, shirataki rice menjadi pilihan para wanita Jepang untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi dari bahan dasar shirataki rice yaitu konjac. Konjac merupakan salah satu tumbuhan umbi-umbian dengan kadar serat paling tinggi di kelasnya, yaitu 40% glukomanan.

Dengan kandungan serat yang tinggi, shirataki rice memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menurunkan berat badan, menurunkan darah tinggi, serta menambah asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun kandungan serat dalam shirataki rice tinggi, namun shirataki rice memiliki kandungan gula, karbohidrat dan kalori yang sangat rendah.

Shirataki rice memiliki tekstur yang lebih kenyal jika dibandingkan dengan nasi putih. Namun, ia memiliki cita rasa yang minim bahkan mendekati hambar. Hal ini menjadikan Shirataki Rice sebagai substitusi nasi putih yang tepat karena bisa dipadukan dengan berbagai macam makanan khas Indonesia. Shirataki Rice juga bisa menjadi bahan dasar untuk variasi berbagai macam resep seperti nasi goreng, mac and cheese ataupun risotto.