Menu Tradisional ala APCA

LISTYA MANOPO on WINE & DINE, 27/09/19

img

Akhir-akhir ini, tren kuliner cenderung mengarah kepada resep-resep klasik yang divariasikan hingga akhirnya menghasilkan satu menu baru yang unik, tanpa menghilangkan ciri khas menu klasik tersebut.


Sentuhan modern ini menjadikan kuliner tradisional kembali terangkat dan ‘naik kelas.’ Academy of Pastry and Culinary Arts (APCA) Indonesia sebagai salah satu sekolah pastry dan kuliner internasional di Indonesia memperkenalkan kembali kuliner tradisional nusantara yang dibalut dengan sentuhan modern. Melalui para chef profesional yang juga merupakan instruktur di APCA Indonesia, mereka bercerita mengenai kuliner tradisional yang dinilai memiliki kenangan tersendiri. Tak hanya itu, mereka pun mengemas sajian-sajian tersebut menjadi lebih modern disertai dengan teknik memasak yang tinggi.

Bertajuk ‘APCA Indonesia Media Special Cooking Class,’ menu-menu spesial dihadirkan, di antaranya Bhinneka Bahari Dabu Dabu, Archipelago Chocolate, Ketan Item Gelato dan Petit Gateau Modern Klapertart. Bertempat di APCA Indonesia, Alam Sutera, Chef Andy Ramadhan, Chef Christian Dewabrata, Chef Caesar Andry Priatno dan Chef Glenn Nethanael Peter memperkenalkan kuliner khas nusantara bernuansa modern.

Kekayaan bahari Indonesia diceritakan oleh Chef Andy Ramadhan melalui olahan hasil laut dalam Bhinneka Bahari Dabu Dabu, dengan bahan seperti ikan kakap merah, udang, dan gurita yang diolah dan disajikan dengan sambal khas Manado, yaitu dabu-dabu.

Chef Christian Dewabrata menyajikan Archipelago Chocolate, yaitu 4 varian cokelat yang dipadukan dengan rasa kuliner tradisional. Beberapa kuliner dan minuman khas Indonesia seperti Wedang Ronde, Rempeyek, Bajigur dan Nasi Uduk dikemas dalam bentuk praline.

Dessert lain yang ditampilkan lebih modern yaitu Ketan Item Gelato yang dipersembahkan oleh Chef Caesar Andry Priatno. Ia ingin mengenang kudapan khas yang sering disajikan sang Ibunda ketika masih anak-anak yaitu bubur ketan hitam.

Sedangkan, Chef Glenn Nethanael Peter mengangkat klappertaart sebagai dessert klasik khas Manado yang telah disajikan keluarganya sampai lebih dari dua generasi. Resep turun-temurun ini dimodifikasi dengan teknik memasak dan tampilan penyajian yang lebih modern dalam Petit Gateau Modern Klapertart.

Hadir sejak Januari 2019, APCA Indonesia memiliki misi untuk menghasilkan chef yang memiliki skill bertaraf internasional serta dapat bersaing di pentas global serta mencetak tenaga professional yang siap terjun di industri kuliner.

FOTO APCA Indonesia