Intip Artefak Seni di Alila SCBD

ANGELICA REVADIAS on DESIGN, 16/08/19

img

Beberapa karya seni terlihat mencolok di lingkungan sekitar Alila SCBD, mulai dari instalasi seni di pintu masuk hotel dan lobi, sampai beberapa seni warisan dan artefak budaya menghiasi Artisian Bar di Alila SCBD.


Terletak di lobi hotel, Artisian bar didesain sebagai tempat komunitas seni bertemu dan bercengkrama. Langit-langit yang tinggi dan modern serta perabot yang minimalis menghasilkan atmosfer yang memicu kreativitas dan berkumpul santai. Dekorasi dari Artisian Bar terdiri dari beberapa karya seni yang merayakan warisan dan budaya asli di seluruh Indonesia.

Seluruh karya seni di Artisian Bar merupakan koleksi privat dan sebagian besar berasal dari abad ke-19, seperti:

CHICKEN PAIR

Karya seni yang memperlihatkan sepasang ayam yang berasal dari Madura ini terletak di depan pintu masuk Artisian Bar. Karya seni ini sebelumnya menjadi dekorasi di belakang perahu pada abad ke-19 dan melambangkan ketekunan, kerja keras, dan kegigihan.

TORAJA HOUSE ART

Karya seni yang terbuat dari kayu dan memiliki struktur segitiga ini merupakan representasi dari rumah Toraja.

INDONESIAN DANCE MASKS

Topeng tari yang sebagian besar berasal dari Pulau Jawa dan Bali ini merupakan hasil karya dari suku di Indonesia yang masih menampilkan tarian tradisional. Diukir dan diwarnai, topeng tari merepresentasikan alam dan roh nenek moyang.

CEREMONIAL SHIELDS

Empat perisai upacara yang menggantung di satu sisi tembok ini merupakan koleksi dari ratusan perisai upacara yang berasal dari Cirebon. Desain dari perisai upacara ini dipengaruhi oleh warna dan motif Indochina.

FOTO Alila SCBD