Eksperimen Semen Ekspos

ANGELICA REVADIAS on DESIGN, 28/06/19

img

Rumah modern kini mulai menjadikan semen ekspos sebagai pilihan material yang digunakan untuk interior ataupun eksterior hunian.


Dengan pemilihan material dan metode pengolahan yang tepat, material semen ekspos bisa memberikan kesan industrial sekaligus modern bagi rumah Anda.

CASA FORASTE – MEKSIKO

Bangunan karya Omar Alamguer Hiram Pozada, arsitek dari Taller 1+1 yang berasal dari Meksiko, yang bernama Casa Foraste tampak memaksimalkan berbagai tipe material yang tersedia. Eksterior dari Casa Foraste dibuat dengan material semen ekspos yang berbeda; pada lantai bawah, semen ekspos dibiarkan sebagaimana adanya untuk melambangkan kesedarhaan dari bangunan sementara eksterior lantai atas dibuat menggunakan texturized solid berwarna putih dengan jendela kecil untuk memberi celah cahaya ke dalam bangunan.

CONCRETE BOX HOUSE – AMERIKA SERIKAT

Christopher Robertson, arsitek yang bertanggungjawab merancang Concrete Box House, menggabungkan elemen kayu serta semen ekspos pada bangunan rumah. Pemilihan penggunaan kedua material bangunan ini merupakan interpretasi ulang dari gaya desain Jepang yang mengandalkan kesederhanaan struktur bangunan dan penggunaan material.

ANDO 4X4 HOUSE – JEPANG

Bangunan rumah dengan ukuran 4x4m di setiap lantainya ini merupakan bangunan karya arsitek dari Jepang, Tadao Ando. Ciri khas dari desain Tadao Ando adalah pemanfaatan bentuk-bentuk geometri seperti lingkaran, segitiga, dan bujur sangkar untuk bangunannya. 4x4 Ando House yang pertama, selesai pada akhir tahun 2003, menggunakan material semen ekspos untuk eksterior serta tembok dalam rumah.

FOTO Wikiaarquitectura, Archdaily, Architizer