Reuni Once dan Tyo dengan Dewa

LARASATI OETOMO on EVENTS, 05/09/19

img

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2007, Dewa 19 akan kembali menggelar konser bersama Once sebagai vokalis dan Tyo Nugros sebagai penggebuk drum secara bersamaan.


Mengingat kembali ke tahun pertama millenium kedua, atau tahun 2000. Ketika itu, Dewa 19 baru saja kehilangan sang vokalis ikonik—Ari Lasso—dan bertaruh dengan Once Mekel. Kursi penggebuk drum yang ditinggal Wong Aksan diisi oleh Tyo Nugros. Grup musik legendaris ini memutuskan untuk menanggalkan angka “19” di belakang dan melangkah dengan nama “Dewa”.

Ketika itu, Dewa 19 sempat diprediksi kandas total. Dalam suatu video wawancara, Ari Lasso mengakui bahwa terdapat sentimen dari Baladewa Surabaya, kampung halaman para penggawa awal Dewa 19, yang menyebut “Bukan Dewa bila tidak (ada) Ari.” Meski Once memiliki beban berat untuk menggantikan Ari yang ketika itu begitu dicintai masyarakat Surabaya, siapa yang dapat mengira bahwa formasi baru ini membawa kesuksesan finansial gila-gilaan? Sebagaimana disebut oleh Tempo, album debut dari formasi ini, Bintang Lima, berhasil tembus 1.7 kopi.  Formasi ini terus menuai kesuksesan hingga album-album berikutnya: Cintailah Cinta, Laskar Cinta, dan Republik Cinta.

Hingga saat ini, kami yakin bahwa sebagian besar lagu hit dari era ini telah abadi di ingatan masing-masing. Sebut saja lagu patah hati nasional, Pupus dan Risalah Hati, tembang rock klasik, Cemburu, hingga seruan ibadah bagi para Baladewa, Roman Picisan.  

Kini, dengan tambahan Dul Jaelani yang mengisi posisi sang ayah di Dewa 19, CMA Entertainment mencoba mengembalikan era kejayaan itu dengan konser The Best of Dewa 19 with Once Mekel. Once yang secara resmi meninggalkan Dewa di tahun 2010 kembali dengan Tyo Nugros, yang sudah terlebih dahulu meninggalkan Dewa pada tahun 2007. Konser yang akan dihelat di The Kasablanka Hall, Mal Kota Kasablanka ini akan menjadi kali pertama keduanya tampil bersamaan dalam formasi Dewa 19 pasca 2011.

Bahkan tanpa sang maestro, Ahmad Dhani, Dewa 19 siap membawa kejutan besar dengan formasi ini bagi Baladewa Indonesia. Once Mekel menyebutkan bahwa mereka telah mempersiapkan kualitas sound dan aksi panggung terbaik, dan Dul Jaelani perlahan mendewasakan permainannya bersama sang senior: Andra Junaidi, Yuke Sampurna, Tyo Nugros, Agung Yudha, dan Once Mekel.

Antusiasme untuk konser yang akan digelar tanggal 4 Oktober 2019 ini sama besarnya dengan nama Dewa 19. Seluruh tiket pre-sale telah terjual. Kini, tersisa harga normal untuk kelas Diamond, Platinum, Festival Gold, dan Festival Silver di situs resmi CMA Entertainment. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat membuka akun Instagram @cmaentertainment.ind.

FOTO Helmi Sugara Promotions, Fraud Yunanto @cak_frod